Thursday, March 9, 2017

Kelangkaan Motherboard AM4

Processor AMD Ryzen 7 telah resmi diluncurkan seminggu yang lalu dan tersedia dalam jumlah yang cukup memadai. Ryzen mendapat sambutan positif dari sebagian besar reviewer. Banyak pengguna tertarik untuk membangun sistem PC baru berbasis AMD Ryzen saat ini. Akan tetapi, ada satu hal yang menghalangi momentum tersebut, yaitu terjadinya kelangkaan motherboard AM4 yang kompatibel dengan AMD Ryzen.


Saat ini kelihatannya sangat sulit menjumpai motherboard X370 bahkan B350 di pasaran, baik retailer online maupun channel distribusi tradisional. Banyak pengguna mengeluhkan hal ini dan menunda pembelian processor Ryzen hingga motherboard tersedia, dengan alasan logis bahwa tidak ada gunanya memiliki processor andalan AMD ini tanpa didukung oleh motherboard AM4.

Apa sumber permasalahan ini? Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut beberapa sumber, ternyata para pemegang merk motherboard ternama pada awalnya kurang yakin atas kinerja atau bahkan sedikit menganggap remeh potensi pasar Ryzen. Alhasil, mereka tidak memproduksi stok dalam jumlah besar karena belum yakin apakah produk mereka akan laris atau tidak.

Kabar terakhir, sejumlah pabrikan motherboard telah menggenjot produksi setelah keberhasilan peluncuran Ryzen yang gemilang. Diharapkan dalam 2 minggu ke depan, persediaan motherboard akan dapat mencukupi kebutuhan pasar. Hopefully! :-)

No comments:

Popular Posts